Menghilangkan GPT Partition style via BIOS


Pertama kali menginstall windows 8 di laptop yang menggunakan UEFI System punya teman. Laptop boleh baru, mahal tentu saja, tapi urusan software, selalu mintanya gratisan ==’, untungnya di NCU juga menyediakan Windows 8 Enterprise gratis , jadinya punya bahan untuk percobaan instalasi. Mau coba-coba di laptop sendiri, terlalu riskan, sudah banyak instalasi program, jelas butuh pengorbanan waktu untuk coba-coba windows baru.
Download Windows 8, ambil Flashdisk, install WinToFlash, tancap di laptop, install ulang. ada beberapa partisi yang sudah eksis, termasuk recovery bawaan laptop. Hajar!!! mengingat lagu lama recovery laptop : semua recovery akan menghapus seluruh data di hardisk kita, apalagi recoverynya laptop ini windows 8 yang tidak bisa diaktivasi di kampus. Mulai delete partisi, format, partisi ulang. pas pilih partisi tempat mau diinstal windows muncullah pesan tersebut
The selected disc is of the gpt partition style
Tekan next, ndak mau diinstall, delete partisi, format ulang, masih sama. Googling bentar, muncul solusi.
  1. jalankan instalasi windows 8 dengan flashdisk
  2. buka command prompt as administrator, menu ini ada di pilihan advanced
  3. ketik diskpart
  4. DISKPART>list disk
  5. DISKPART>select disk n (n boleh diganti dengan hardisk tempat kita install windows, normalnya 0)
  6. ketik perintah clean, proses ini akan menghapus semua data dan partisi di hardisk, jadi pikir2 dulu sebelum eksekusi 

setelah partisi menjadi non Gpt partition, maka instalasi windows mudah dilakukan. Jangan lupa, menghapus partisi akan menghilangkan kemampuan UEFI recoverynya. tapi klo nantinya mau install ulang windows, jadi lebih gampang daripada menggunakan metode recovery bawaan laptop, karena tidak perlu membackup semua data. Proses installasi windows  hanya memformat partisi yang kita perlukan.
setelah kelar instalasi, mulai coba2 si windows 8. secara umum sangat mirip dengan windows 7, perbedaan paling mencolok, tidak ada start menu. agak kikuk juga. mengingat sudah 10 tahun pakai windows yang selalu ada start menunya. Sekarang diganti dengan start menu yang mirip dengan fasilitas windows phone.


Sumber : http://ilmubarokah.wordpress.com/2013/01/14/the-selected-disc-is-of-the-gpt-partition-style-intalling-windows-8-on-acer-v471g/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS